Opinion & Journal

5 kegiatan yang saya lakukan selama puasa

5 kegiatan yang saya lakukan selama puasa

Halo all gimana puasa kalian lancar nggak? Kalau puasa begini bawannya mager gitu dari pagi sampai sore, mager adalah musuh terbesar saya yang harus dilawan saat di bulan Ramadhan, kalau malas begini pingin tidur dan bingung mau ngapain di rumah mana bentar lagi mau musim kemarau lagi.

Mager dan ngantuk merupakan dua musuh yang selalu menghalangi semangat menjalani puasa, kayak saya ini nih lagi nulis di depan laptop sambil menyandarkan dagunya ke bantal saking magernya hingga mulai ngantuk. Meksipun puasa begini rasanya mager banget, tapi kegiatan tetaplah harus dijalani yang mau nggak mau kita harus lakukan di bulan Ramadhan ini.

Karena temanya tentang kegiatan selama puasa, kegiatan saya sih nggak begitu rutin sih karena masih mager banget dan pingin rebahan di kasur wkwkw. Tapi karena ada jadwal kuliah atau tugas yang selalu menghantui saya maka mau nggak mau terpaksa deh nyelesain tugasnya biar tambah rajin. Saya ceritain nih 5 kegiatan yang saya lakukan selama puasa tuh ngapain aja sih?

1. Kuliah

This is number one karena sangat wajib bagi mahasiswa untuk hadir dalam kelas, kemarin tuh kelasnya lama banget kelarnya sampai-sampai bikin mata saya lelah akibat terlalu menatap layar hp/laptop. ditambah lagi ocehan dosen terus menerus menerangkan materi di zoom udah kayak ceramah di masjid.

Beginilah suka dan duka mahasiswa ketika kuliah online, enaknya itu saya nggak usah berangkat jauh-jauh dari rumah ke kampus karena kuliahnya diganti secara virtual zoom selama pandemi. Cuman yang nggak enaknya itu pusing akibat terlalu lama menatap materi di zoom dan capek duduk di kursi belum lagi masalah sinyal WIFI.

2. Rapat UKM

Tahun ini saya udah mulai giat ikut organisasi di kampus yaitu UKM, semenjak aku dinyatakan sah jadi anggota jurnalistik saya jadi tambah semangat dan pingin aktif mengikuti UKM jurnalistik, tahun kemarin saya pingin join ke UKM itu cuman telat karena pendaftaraannya udah di tutup. Senang sih akhirnya saya bisa jadi bagian dalam keanggotaan jurnalistik, udah masuk bagian Humas malah.

Sejak itulah saya berusaha untuk aktif dan baca-baca buku deh tentang panduan jurnalistik dan mulai aktif ikut rapat usai shalat tarawih. Ini pertama kalinya saya masuk ke anggota divisi sehingga saya baru tahu oh gini ya kalau tugasnya jadi divisi humas dan rasanya jadi divisi redaktur begini ya dan lain-lainnya.

3. Membaca

Kegiatan selanjutnya adalah membaca, kegiatan ini merupakan favorit saya yang tujuannya ingin menambah ilmu dan menemukan kosakata baru yang bakal digunakan untuk menulis cerita fiksi. Biasanya saya suka baca buku tentang pengembangan diri yang sesuai dengan related saya dan buku fiksi bergenre misteri & thriller. Kalau artikel random sih bacanya kadang tentang sejarah, kadang tentang inspirasi, dan kadang suka kepo dikit baca berita baru yang bikin saya semakin kepo.

4. Learn language

Saya udah agak jarang belajar bahasa lagi akibat terdistraksi dengan kegiatan lain sehingga saya agak sok sibuk. Waktu kosong begini saya kesempatan curi nih untuk make belajar materi bahasa Korea yang beberapa materinya masih belum paham sekaligus me-review materi ulang sebelumnya. Nggak hanya belajar bahasa Korea aja kok, bahasa Jepang pun saya masih belajar meskipun beberapa kali tertunda karena ada kegiatan lain yang harus saya selesaikan. Udah lama nih saya nggak belajar bahasa Mandarin lagi, mau lanjutin lagi.

Minggu ini jadwal belajar bahasa udah banyak yang bolong karena terdistraksi sama kegiatan lain, semongga minggu depannya saya kembali belajar 3 bahasa lagi.

5. Menulis

Bulan puasa ini saya kembali menulis blog dan udah mulai rajin-rajinnya nulis gegara ikutan challenge BPN Ramadan 2022, udah lama saya nggak ikutan challenge menulis lagi dan terakhir ikutan juga di tahun sebelumnya cuman berhenti di tengah jalan. Saya tahu konsisten itu sulit untuk lebih fokus biar blognya semakin aktif dan semakin pula skill menulisnya semakin tajam, sayangnya konsisten itu nggak semuanya bikin bisa fokus, maka itulah dari kemarin hingga hari ini saya pingin rajin menulis lagi biar tambah semangat.

Ah udah lama nggak nulis di wattpad lagi, pingin lanjutin lagi sih cuman idenya masih sedikit jadi pingin nyari ide lagi biar dapat inspirasi untuk melengkapi kisah akhir tokoh di chapter terakhir di wattpad.

Kalian kegiatannya ngapain aja?

30DayRamadhanBlogChallenge2022 – Day 9

Share this post

Seorang mahasiswa yang menyukai dunia kepenulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial