Antologi Book Review : Pelangi Dalam Aksara

Saat ini saya terlalu fokus hal-hal lain entah kuliah, tugas, dan berbagai macam ikut kelas yang saya ikuti sejak pertengahan tahun 2021. Sekarang lagi ikut kelas kepenulisan sih karena udah jarang menulis saking kesibukannya sehingga skill menulis saya kian merosot, di tambah lagi jarang menulis blog. Oh iya, saya masih tetap menulis kok meskipun lagi mau fokus selesain karya saya di Wattpad dan untuk nentuin alur saja juga gampang-gampang susah 🙁

Jadi teringat ketika dulu saya rajin menulis di blog dan aktif di komunitas blogger dalam kegiatan sharing atau blogwalking, udah lama ya saya nggak blogwalking lagi berkunjung ke blogger-blogger lain dan sekarang saya lebih suka baca artikel di IDN Times atau sekedar baca novel mini di Wattpad.

Terus apa lagi ya, oh iya saya masih ingat pertama kalinya saya ikut sebagai kontributor sebagai penulis buku antologi, sudah dua kali saya ikut projek buku antologi dan merasa bangga karena nama saya tercetak dalam buku antologi bersama jejeran penulis-penulis lainnya. Tapi itu dulu sekarang udah nggak ikutan lagi karena masalah biaya yang kadang mahal kadang murah, ditambah lagi nunggu paket bukunya aja kadang juga lama sih.

Akhirnya ini ketiga kalinya saya ikut projek buku antologi lagi yang diselenggarakan oleh Komunitas Ikatan kata, sebelumnya saya pernah ikut projek Majalah Zine Ikatan Kata yang di mana saya ditunjuk jadi tim redaksi bagian Tim Collection. Projek pertama itu akhirnya sukses dan hasilnya sudah terpajang sehingga kita bisa melihat langsung dengan klik https://ikatankata.home.blog/activity/project/.

Projek kedua adalah buku antologi, saya dan para member Ikatan Kata juga ikut mensukseskan dalam peluncuran buku pertama yang berjudul “Pelangi Dalam Aksara” dan sudah terbit di pertengahan tahun ini, kalau nggak salah projek ini sudah dikerjakan tahun kemarin. Awalnya saya sempat mau nulis review setelah sudah membaca buku ini dari dulu, cuman rencananya sempat tertunda beberapa bulan dan akhirnya bisa juga mereview buku antologi ini.

Judul : Pelangi Dalam Aksara

Penulis : Komunitas Ikatan Kata

Penerbit : CV Elfa Mediatama

Dirilis : Juni 2021

Kategori : Antologi, Puisi

ISBN : 9786237712565

Blurb :

Aktivitas menulis telah menjadi renjana kami sejak lama. Para Pengikat Kata, sebagai anggota dari komunitas ini sudah terbiasa berkarya melalui tulisan mereka, baik di blog masing-masing atau Komunitas Ikatan Kata. Merangkai kata tidak hanya menjadi rutinitas yang menantang namun bisa menyenangkan juga. Setiap anggota memiliki aura dan warna yang berbeda.

Masing-masing memiliki potensi yang luar biasa. Apalagi jika semua warna tersebut menyatu dalam sebuah karya. Kumpulan warna-warni dari cipta dan karsa itu ibarat sebuah pelangi yang dibentuk dan disusun indah dalam rangkaian aksara. Buku Antologi puisi Pelangi dalam Aksara ini menjadi perwujudan semangat menulis kami. Di dalamanya terdapat beragam jenis puisi. Terlahir dari intuisi, afeksi, emosi serta ekspresi diri terhadap hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

***

Saya jadi teringat ketika dulu pernah bergabung di Komunitas Ikatan Kata, banyak sekali kenangan-kenangan indah bersama teman-teman satu komunitas dan Kak Fahmi Ishfah selaku Founder Ikatan Kata yang selalu membimbing saya untuk menulis dengan baik.

Sudah berjalan hampir 2 tahun lamanya ketika masih menjadi bagian IK hingga memutuskan untuk resign dari komunitas yang punya banyak kenangan, Thanks up semuanya All Ikatan Kata dan juga Kak Fahmi Ishfah yang telah menerima saya sebagai member. Meskipun saya sudah resign tetapi saya tidak akan melupakan kebaikan mereka dan hal-hal receh yang membuat komunitas ini semakin berwarna.

Saya menyebut Buku Antologi “Pelangi dalam Aksara” ini adalah hadiah kenangan dari komunitas Ikatan Kata yang telah berjuang bersama membangun komunitas blogger dan sama-sama belajar bersama tentang dunia literasi sekaligus menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Alya

Anyway ini adalah buku antologi Ikatan Kata pertama sekaligus buku antologi ketiga saya, buku ini sebenarnya berisi kumpulan puisi yang temanya campuran alias random dan banyak sekali mengandung kiasan yang bermakna serta bumbu-bumbu diksi yang menciptakan tulisan yang begitu indah.

Sebenarnya saya nggak begitu jago bikin puisi atau pantun gitu karena menurut saya tuh ini karya sastra yang lumayan sulit sehingga harus berpikir keras untuk menentukan rangkaian kata dan diksi yang tepat. Tapi bisa juga sih bikin puisi biasa dalam bentu kata-kata bijak/ quotes yang sederhana, jarang banget sih saya nulis puisi di blog karena pada dasarnya sih saya memang agak payah kalau bikin puisi, hehe.

Untuk harga buku antologi ini kalau nggak salah harganya berapa ya lupa saya, kayaknya sekitar Rp. 58.000 *lupa banget 🙁

Untuk PO nya udah lama banget sejak bulan Juli dan sekarang saya nggak tau dah kira-kira masih ada stock buku lagi nggak ya. Btw, bagi kalian yang suka menulis seperti cerpen, puisi, atau opini bisa bergabung dengan komunitas Ikatan Kata dengan cara mendaftarkan diri di situs web https://ikatankata.home.blog/

Stay healty and good luck~

Alya Putri

Seorang mahasiswa yang menyukai dunia kepenulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial