Book Review : Harry Potter dan Batu Bertuah

Umumnya kalau di dunia perfilman biasanya bikin ceritanya di buat sendiri oleh sutradaranya atau diadaptasi berdasarkan dari kisah nyata. Novel pun ternyata juga diadaptasi loh dari sebuah tulisan hingga diangkat ke layar lebar, film adaptasi dari novel udah hal umum sekali sejak dari dulu hingga sekarang. Tak jarang, film adaptasi novel cenderung juga terkenal di antara film-film lain, sebut saja Film Harry Potter. Harry Potter sendiri adalah sebuah film fantasi yang sangat terkenal sekali di dunia dengan ceritanya yang menarik dari hasil adaptasi dalam sebuah novel.

Film ini ceritanya dunia sihir banget dan banyak sekali para pecinta (termasuk Potterhead) ingin sekali bersekolah di Hogwarts. Well, tapi di sini saya nggak akan bahas tentang review Film Harry Potter yang udah saya nonton, melainkan membahas review seri novel pertama Harry Potter yang berjudul Harry Potter dan Batu Bertuah.

Judul : Harry Potter dan Batu Bertuah

Genre : Fantasy, Mystery

Penulis : J.K. Rowling

Penerbit : Gramedia Pustaka

Hal : 392

ISBN : 978-602-06-3826-3

Blurb :

“Tak ada gunanya memikirkan impian berlama-lama

sampai lupa hidup, ingat itu.”

-Albus Dumbledore

Seumur hidup, Harry Potter tidak pernah berurusan dengan sihir. Dia tinggal bersama keluarga Dursley yang kejam dan Dudley, putra mereka yang menyebalkan. Kamar Harry cuma lemari sempit di kolong tangga, dan selama sebelas tahun, ulang tahunnya tak pernah dirayakan.

Namun, tiba-tiba datang burung hantu membawa surat misterius: surat itu berisi undangan ke tempat menakjubkan bernama Sekolah Sihir Hogwarts. Dan di sana bukan hanya ada banyak teman, pertandingan olahraga naik sapu terbang, dan sihir dalam segala hal, dari pelajaran sampai makanan. Tapi juga ada takdir luar biasa yang sudah lama menantinya.. jika Harry mampu bertahan hidup.

Cerita ini adalah tentang asal mulanya Harry Potter sebelum menjadi penyihir terkenal di Hogwarts, cerita ini berawal saat Harry masih terlihat bocah dan tidak tahu apa-apa. Harry selalu menerima perlakuan buruk dari keluarga Drusley yang merupakan paman-bibi dan Drudley, sepupunya Harry sendiri, mereka sangat tidak suka dengan si Harry karena Harry itu adalah anak dari orangtua penyihir yang sangat terkenal di Hogwarts semasa hidupnya. Harry sendiri adalah seorang bocah yatim piatu karena orangtua kandungnya sudah tewas di tangan Voldemort ketika Harry masih bayi. Suatu hari mereka dikejutkan dengan surat misterius dari seekor burung hantu secara tiba-tiba untuk Harry, keluarga Drusley sangat tidak suka dengan surat misterius untuk Harry sehingga cepat-cepat membuangnya dengan cara di bakar ke tempat perapian. Anehnya, suarat itu terus berdatangan dan semakin banyak sehingga menghujani isi rumah Drusley.

Karena situasinya yang buruk, akhirnya mereka memutuskan untuk mengungsi ke sebuah gubuk di dekat karang pantai. Awalnya semuanya baik-baik saja saat tertidur, tiba-tiba suara gubrakan dari luar terdengar keras dan menghancurkan pintu gubuknya sehingga mereka panik dan bangun. Rupanya sosok misterius yang merusak pintunya itu adalah si Hagrid, si penjaga hewan liar di sekitar Hogwarts, Hagrid datang ke gubuk itu untuk mengirimkan surat misterius itu ke Harry yang ternyata berisi tentang penerimaan murid baru dari Sekolah Hogwarts, dan disinilah awal petualangan Harry di Hogwarts pun di mulai.

Saya masih ingat sekali nih film cerita ini saat saya membaca Novel Harry Potter seri ke-1. Ini tuh filmnya udah lama banget dan waktu itu pemainnya masih muda-muda dan masih kecil lucu gitu, alur ceritanya ringan sekali dan gampang dicerna maksud dari cerita yang di sampaikan dari novel ini. Jujur saja, saya kalau membaca novel ini sambil mengingat adegan-adegan Film Harry Potter yang persis di cerita novel yang saya baca, dan juga saya baca novel ini sambil berimajinasi yang seakan-akan terus membayangkan Harry dan kawan-kawannya di dalam cerita novel tersebut. Saking serunya baca novel ini, saya nggak sadar bahwa saya terfokus baca marathon dari bab awal sampai terakhir. Entah kenapa tiba-tiba saya jadi ketagihan negalnjutin baca Novel Harry Potter sampai selesai ^^

Sekian itu saja dari review singkat tentang Novel seri pertama Harry Potter dan Batu bertuah. Cerita ini nggak hanya menceritakan perjalanan sang penyihir berkacamata saja kok, masih ada cerita-cerita seru mulai dari jenaka sampai sebuah misteri terkait Batu bertuah yang konon bisa memanggil musuh bebuyuran yang sudah hilang sekian lama. Saya sendiri nggak bisa berkata apa-apa tentang isi cerita ini, benar-benar suka banget deh sama ceritanya ^^

Related Post

One thought on “Book Review : Harry Potter dan Batu Bertuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *