Kuliner

Mengenal Kurma, Makanan ikonik di bulan Ramadhan

Mengenal Kurma, Makanan ikonik di bulan Ramadhan

Kurma merupakan salah satu makanan takjil ikonik yang kerap diburu ketika ngabuburit. Kurma juga merupakan hidangan pembuka saat buka puasa karena merupakan makanan sunnah dan favoritnya Nabi Muhammad SAW.

Tak heran kenapa masyarakat Indonesia khususnya muslim tak bisa lepas dari namanya kurma karena rasanya manis dan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kali ini saya akan bahas mengenai fakta tentang makanan kurma dan kenapa sih suka makan kurma selama di bulan Ramadhan.

1. Sejarah Kurma

Kurma merupakan makanan pokok khas negeri timur tengah sejak ribuan tahun lalu, pohon kurma sendiri berasal dari Teluk Persia dan pada awal 400 SM kurma dibudidayakan dari Mesopotamia ke Prasejarah Mesir. Orang-orang membawa kurma untuk menyebarluaskan ke beberapa wilayah di daerah selatan, Barat Daya Asia, Afrika Utara, Spanyol, dan Italia. Tahun 1765, bangsa Spanyol memperkenalkan kurma ke Mexico dan California, di sekitar Mission San Ignacio.

2. Di sebut dalam Alquran

Ternyata Al-quran juga memasukkan buah kurma dalam surah Maryam ayat 25 yang berbunyi.

Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya masak kepadamu. Pegang dan goyanglah sekuat itu akan mengugurkan buahnya yang masak kepadamu agar kamu dapat memakannya.

Maryam ayat 25

3. Manfaat makan kurma

Selain rasanya yang enak kurma mengandung karbohidrat dan kaya asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, dan antioksidan seperti Karoten, Fenolik, Akanold, dan Anthocyanin. Selain itu kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah anemia, mencegah radikal bebas, dan menurunkan berat badan.

4. Jenis- jenis kurma

Ada 7 macam jenis kurma yang harus kalian ketahui, mungkin di antara jenis kurma di bawah ini ada yang pernah makan. Apa sajakah itu?

1. Ikbhari

Jenis kurma tersebut memiliki ukuran yang sedang dengan tekstur kulitnya yang tipis serta danginya lunak dan lembut. Selain itu, rasa Kurma Ikbhari asam seperti rasa puding.

2. Degiet Noor

Kurma satu ini merupakan jenis semi lunak yang berasal dari Tunisia, tekstur kulitnya halus dan dagingnya dan kenyal. Tekstur warna kulit kurmanya berwarna kuning keemasan dan rasanya seperti madu.

3. Halawy

Sama seperti Degiet Noor sama-sama jenis semi lunak, kurma yang satu ini memiliki ukuran kecil hingga sedang dan tekstur kulitnya coklat keemasan cerah. Dagingnya terasa tebal dan rasanya kayak permen karet.

4. Khadrawy

Kurma Khadrawy mempunyai rasa buahnya nggak terlalu manis tapi lembut. Kurma yang satu ini sering di panen di pertengahan musim sehingga kondisinya dalam keadaan segar.

5. Medjool

Kurma Medjool punya nama lain yaitu Cadillac, kurma tersebut cenderung berwarna coklat kemerahan jika dalam keadaan matang dan kering. Ukuran kurmanya paling besar dan berdaging serta teksturnya lunak seperti bantal dan seratnya sedikit, selain itu rasanya nggak terlalu manis.

6. Thoory

Thoory adalah jenis kurma khas Aljazair yang tekstur kulitnya kenyal dan kencang, rasanya juga nggak terlalu manis tapi gurih seperti rasa kacang.

7. Zahidi

Kurma asal Iran ini memiliki biji yang besar dan dagingnya juga renyah serta berserat. Selain itu tejsturnya pucat dan halus sehingga disebut Kurma Mentega. Rasa kurmanya juga manis seperti kacang dan kadang aromanya seperti buah Aprikot.

Udah pernah coba yang mana nih?

30DayRamadhanBlogChallenge2022 – Day 7

Refrensi :

Share this post

Seorang mahasiswa yang menyukai dunia kepenulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial