Opinion & Journal

Menjadi Sang Introvert Sejati

Menjadi Sang Introvert Sejati

Jika sepintas mendengar kata Introvert di benak kamu, kata ini berarti menunjuk ke seseorang yang tertutup dan suka menyendiri dibanding berkumpul bersama teman-temannya. Banyak yang bilang kalau orang introvert itu nolep dan gak punya teman sama sekali akibat selalu tertutup dari lingkungan sosial, padahal introvert nggak selalu dibilang nolep.

Introvert tetaplah introvert meskipun mempunya kepercayaan diri dan memiliki orang-orang terdekat termasuk teman, seseorang yang memiliki kepribadian introvert juga sama-sama cerdas serta punya kemampuan kreatif yang pandai dan juga mempunyai kepribadian yang baik, introvert bisa juga menjadi pemimpin, kok. Banyak sekali para tokoh publik atau ilmuwan yang punya introvert tetapi bisa sukses dan selalu menginspirasi banyak orang. Introvert punya cara yang sendiri-diri untuk mencapai kesuksesan terbaik dan menjadi diri sendiri yang sesungguhnya, Introvert juga makhluk sosial dan suka berkomunikasi dengan orang-orang terdekarnya meskipun jumlahnya sedikit.

Sang Introvert sejati

Kenapa saya menulis “Sang Introvert sejati?” karena saya sendiri adalah orang introvert dan tujuan menulis tema ini untuk mengungkapkan rasa duka dan suka ketika menjadi sang introvert sejati. Ini juga berlaku bagi kamu yang introvert suka mengalami hal-hal yang sudah menjadi kebiasaan khas orang introvert. Introvert sangat suka ketenangan dan kenyamanan untuk ruang diri sendiri sehingga lebih menyukai aktivitas sendiri untuk bisa menjalani me-time atau hal-hal yang disukai, saya dan kamu pun juga suka melakukan aktivitas sendiri di rumah dan bisa berkreasi lewat hobi atau hal-hal baru. Kamu bisa berhemat keuangan dan sebisa mungkin untuk jarang keluar atau kalau misalnya untuk membeli kebutuhan penting atau ada acara yang sama-sama penting juga.

Tetapi baginya di luar rumah adalah hal yang tidak sukai bagi introvert karena terlalu bising dan ramai yang membuat cepat lelah fisik dan mental. Hal yang sangat introvert benci adalah ketika seseorang yang memaksanya untuk bergaul dengan teman-teman atau mengajaknya ke sebuah pesta yang bikin riuh, Introvert belum tentu bisa akrab langsung ataupun belum terbiasa di tempat ramai karena introvert butuh proses dan adaptasi yang matang dan mepersiapkan mental diri sebelum bertemu dengan orang-orang baru atau orang kenalan. Bahkan butuh berhati-hati juga jika mau memulai percakapan dengan mereka.

Introvert juga sama-sama kreatif dan lebih suka mencintai seni untuk menenangkan pikirannya, ia juga suka menikmati hujan atau senja sambil ditenami segelas minuman hangat seperti teh, kopi, atau susu. Alasan tersebut karena ingin mencari kesegaran dan ketenangan serta menyembuhkan kembali pikiran-pikiran usai mengalami stres. Meskipun dari luarnya tenang tetapi juga ramai dan kerap gaduh di dalam perasaan dan pikirannya.

This is Introvert, segala sifat dan kemampuan yang dialaminya tetap bisa berproses dan menjadi calon sukses di masa depan nanti.

By Alya Putri

Seorang mahasiswa yang menyukai dunia kepenulisan

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *