Opinion & Journal

Penyebab Kurangnya Produktiif Menulis

Tadinya sih saya mau nulis ini di Blog Eigarinable yang satu lagi, cuman karena blog ini jarang banget dipakai sampai gak diurus ya sudah deh saya putuskan untuk menulis disini.

Akhir-akhir ini saya jarang sekali menulis di blog karena berbagai kesibukan yang harus dihadapi seperti tugas, kuliah, webinar, sampai ikut les bahasa asing. Anyway, rindu banget saya menulis blog lagi dan udah hampir sebulan di bulan Maret ini jarang banget menulis. Entah kenapa di bulan ini akhir-akhir sekarang ini lumayan padet.

Sibuk iya, gak sempat iya sehingga yang membuat pemicu saya jadi kurang produktif menulis blog, produktif itu gampang-gampang susah. Susahnya tuh kita harus benar-benar konsisten dan fokus dengan passion yang kita sukai, tetapi bawaannya memang cenderung malas atau bosen sih saking keseringan ngejar hobi atau passion. Tergantung sih sifat atau perasaan di diri kita masing-masing, intinya terserah kita sendiri. Sudah beberapa kali nih saya jarang nulis selama minggu-minggu? sayang sekali kan.

Ada punya macam-macam alasan yang menyebabkan kenapa seseorang mengalami kurangnya produktif dalam menulis.

1. Sibuknya pekerjaan hal lain

Sibuk adalah masalah utama yang menjadi penyebab kurangnya produktif dengan pekerjaan apa yang kita sukai seperti kegiatan menulis. Sering sekali kita merasa sibuk berbagai pekerjaan lain sehingga terus menunda-nunda pekerjaan menulis yang kita sukai, belum lagi kalau ada yang pingin berusaha konsisten menulis dan nyatanya yaahh, bolong-bolong deh.

2. Kehabisan ide

Yang kedua adalah momok masalah besar kedua adalah kehabisan ide, terkadang kita bingung mau nulis apa lagi saking merasa kehabisan ide akibat sudah terbuang ke dalam wadah menulis setiap hari. Saking idenya merasa habis inilah yang membuat kita jadi bingung sehingga sering tertunda menulisnya, nyari ide tuh gampang susah karena selalu ghosting. Cara mengatasi masalah ini supaya bisa mendapat ide kembali adalah sering-seringlah melakukan riset lewat buku, film, atau mengamati di lingkungan sekitar.

3. Bad mood

Mood juga merupakan sumber masalah yang membuat kita susah konsisten nulisnya, perubahan mood yang kerap beruba-ubah yang mempengaruhi perasaan juga ikut terbawa kebiasaan kita yang membuat merasa bad mood.

4. Malas

Sama kayak di poin 3, perubahaan mood yang suka bergonta-ganti inilah yang menyebabkan penyakit gangguan malas. Rasanya ingin tiduran di kasur atau bengong gak ngapa-ngapain, bawaannya tuh malas banget kalau mau nulis.

5. Terdistraksi

Terdistraksi juga ikut bermasalah yang membuat kita jadi kurang produktif akibat terganggu oleh masalah sepele, seperti gangguan notifikasi pesan dari hp. Gak heran kan kalau kita lagi serius menulis, tiba-tiba ada sebuah pesan deh dari hp sehingga langsung cek pesannya dan malah terus asyik main hp tanpa melanjutkan pekerjaan menulisnya.

Well itulah penyebab-penyebab yang membuat kita jadi kurang produktif menulis, yukk hilangkan kebiasaan buruk yang kita miliki dan fokus dengan pekerjaan pentingmu ya.