Opinion & Journal

Puasa di Masa Pandemi

Puasa di Masa Pandemi

Halo masih tema bulan puasa nih.

Tak terasa besok udah mulai puasa nih, udah lama ya saya nggak puasa lagi dan kangen banget menikmati moment-moment di bulan suci Ramadhan. Dan seperti biasa kita menjalani puasa di masa pandemi dan udah kedua kalinya kita berhadapan dengan Virus Corona di hari pertama bulan Ramdhan.

Saya flashback ke jaman-jamannya bulan ramadhan di masa pandemi pertama di tahun 2020, dua tahun yang lalu tuh seluruh dunia termasuk Indonesia dibuat gempar dengan kehadiran Virus Corona yang mulai menyerang ke sebagian besar dunia. Ingat nggak sih waktu awal bulan Maret tuh Indonesia udah didatangi Virus Corona dan muncul kasus pertama di Depok, kejadian itu membuat masyarakat heboh dengan kasus corona pertama dan perlahan-lahan udah mulai menyebar ke beberapa wilayah Indonesia. Sehingga perekonomian pun ikut berubah hingga kegiatan pariwisata pun berubah dratis seperti penutupan tempat rekreasi dan batas pengunjung demi menghindari dari ganasnya Virus Corna, bahkan acara event pun berubah digelar secara online.

Jangankan ekonomi dan event pun ikut terdampak bahkan saat bulan ramadhan hingga lebaran pun juga ikut berubah, seperti dilarang mudik, himbauan sholat terawih di rumah, larangan takbir keliling, sampai acara kumpul keluarga pun dilakukan secara virtual. Bisa di bilang itu tahun yang cukup sedih bagi saya karena tak bisa bertemu keluarga besar secara langsung dan nggak bisa pergi kemana-mana selama pandemi usai lebaran bahkan nggak dapat THR 🙂 . Tapi di sisi lain saya bersyukur diberi kesehatan yang baik dan lolos dari serangan virus Corona karena pandemi ini membuat saya jadi jarang pergi dan tetap aman di rumah *karena saya tuh nggak suka pergi keluar rumah 🙂

Kalau di tahun 2021 masih pandemi juga dan masih diberlakukan larangan mudik tapi tahun kemarin tuh puasanya tetap lancar hingga lebaran pun alhamdulillah bisa kumpul bersama keluarga besar secara langsung and finally dapat uang THR wkwkw.

Bagaimana dengan sekarang ini, hmmm… masih pandemi sih cuman udah nggak terlalu parah kayak kemarin dan sekarang udah bisa pada mudik asalkan aturan prokes pun tetap diberlakukan. Mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini selalu mendapat berkah dan mendapat kesehatan yang baik serta kuat menjalani puasa di masa pandemi. Semoga doa di tahun ini pandemi segera cepat kelar dan kembali aktivitas secara normal.

30DayRamadhanBlogChallenge2022 – Day 2

Share this post

Seorang mahasiswa yang menyukai dunia kepenulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial